Rabu, 10 November 2010

Pdt WTP Simarmata MA : Tanpa Wartawan Dunia Ini Gelap Informasi

Pdt WTP Simarmata MA : Tanpa Wartawan Dunia Ini Gelap Informasi

Sumber: http://hariansib.com tanggal 9 November 2010

panitia natal PWI (SIB)
FOTO BERSAMA: Panitia Natal yang audensi foto bersama dengan Ketua PGI Sumut Pdt WTP Simarmata MA, Manapar Manullang, Drs Jumian Situmorang, Drs R Damanik, Drs Eddy M Bukit, Martohap Simarsoit SH, Irwan Ginting SH, Pdt P Silaban dan Pt Sarien Lumbantobing.

Panita Natal PWI Audensi Kepada Ketua PGI Sumut

Medan (SIB)
Ketua PGI Sumut Pdt WTP Simarmata MA menyatakan menyambut gembira perayaan Natal yang akan diadakan PWI Sumut. Ini langkah maju, terlebih kalau disebut ini yang pertama diadakan PWI. Ketua PWI Sumut Drs Mohammad Syahrir yang mendukung kegiatan ini perlu diberi “bintang” dan sampaikan salam dari saya.
Hal itu dikatakan WTP Simarmata yang juga penasehat panitia Natal PWI Sumut saat menerima audensi panitia Natal PWI di Kantor PGI Sumut Jalan Selamat Ketaren, Senin (8/11). Panitia Natal PWI Sumut yang audensi, Manapar Manullang (panitia pengarah), St Drs Jumian Situmorang (ketua), Martohap Sumarsoit SH (wakil ketua), St Drs R Damanik (sekretaris), Drs Eddy M Bukit (bendahara) dan Irwan Ginting SH (Humas), sementara Pdt Simarmata didampingi Plt Sekretaris Pdt P Silaban dan Pendeta mahasiswa Pdt Sarlen Lumbantobing MA.
Sebelumnya, Jumian Situmorang menjelaskan, Natal PWI Sumut direncanakan diadakan 11 Desember 2010 jam 19.00 WIB di Aula Martabe Kantor Gubsu dan diharapkan dihadiri sekitar 1.000 orang dengan thema Natal “Terang yang sesungguhnya sedang datang ke dalam dunia”.
Panitia pengarah Manapar Manullang menjelaskan, panitia sudah melakukan audensi ke Pempropsu yang diterima Sekda Propsu Dr RE Nainggolan dan telah banyak menyampaikan arahan dan masukan kepada panitia. Rangkaian acara perayaan juga disampaikan, termasuk permintaan menyampaikan refleksi Natal dan disanggupi Pdt Simarmata.
Tugas wartawan itu bagaikan pahlawan harus menyatakan yang benar walaupun penuh risiko tapi karena memberitakan yang benar pasti dilindungi Tuhan. Dan tugas PWI itu (wartawan) antara lain soal komunikasi. Perayaan Natal juga terkait menyampaikan komunikasi dalam keselamatan dan kabar baik untuk semua orang. Kalau dulu yang digunakan gembala dan kelahiran Yesus ditempat yang sederhana, kata Simarmata.
Dikatakannya, bangsa kita saat ini menghadapi soal yang sangat kompleks antara lain tentang bencana dan kemiskinan. Dalam kemiskinan orang bisa saja merampok bahkan membunuh anaknya sendiri karena kemiskinan dan tak mampu lagi membiayainya. Selain itu, di tengah kemiskinan orang mudah dihasut. Untuk itu perlu upaya pemberdayaan manusia menuju kehidupan yang lebih baik. Tuhan itu memang menciptakan semua baik dan dalam kemajemukan. Justru itu, Ketua PWI Sumut Syahrir yang menghargai perbedaan itu dan mendukung Natal ini maka pemeluk agama lain seperti Hindu, Budha dan lainnya perlu juga di fikirkan untuk menjadikan perayaan sesuai agama masing-masing. Kemajemukan ini perlu dikelola secara baik. Selain perayaan Natal acara Paskah juga perlu diadakan kata Simarmata.
Kita bersyukur, Sumut saat ini masih kondusif. Terkait dengan bangsa kita yang dekat dengan bencana, untuk itu harus ada persiapan dengan membentuk pusat-pusat pengelolaan bencana (krisis center), sehingga kalau ada bencana sudah ada yang menanganinya. Seperti Gunung Pusukbuhit masih diam, namun kita harus tetap memperhitungkannya. Tetapi kita yakin Tuhan menjaga ciptaannya dan sesuai janji-janji Tuhan, kita akan dapat keselamatan.
Pada kesempatan itu, Simarmata juga menyatakan PGI Sumut berterima kasih kepada Pempropsu yang tetap memberi bantuan kepada PGI, sejak Gubernur T Rizal Nurdin dan Gubsu lainnya hingga sekarang ini. Dikatakannya, wartawan itu harus terus kreatif karena tanpa wartawan dunia ini gelap informasi.
MOHON ARAHAN
Pada audensi tersebut Panitia Natal mohon arahan dan petunjuk dari Ketua PGI Wilayah Sumut agar perayaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Jumian menegaskan bahwa perayaan Natal di tubuh PWI Sumut baru pertama kali dilaksanakan di daerah ini, bahkan secara nasional. Untuk itu, panitia mengharapkan dukungan semua pihak, khususnya para tokoh dan ulama.
“Dalam rangkaian Natal ini, Panitia juga mengadakan kunjungan sosial ke berbagai panti asuhan. Direncanakan juga memberi bingkisan kepada keluarga janda PWI Sumut dan warga kurang mampu melalui sinter class,” ujar Jumian.
Ditambahkan, penasehat natal PWI Sumut ini yang terdiri dari DR GM Panggabean, DR RE Nainggolan MM (Sekda Provsu), Drs Rudolf Pardede (Anggota DPD RI), Parlindungan Purba SE, (Anggota DPD RI) dan Rajamin Sirait. (M5/M3/ r)

0 komentar: