Rabu, 13 Februari 2008

Natal bersama Sekjen HKBP dan BIbelvrouw pensiun

Pada hari kamis, tanggal 20 Desember 2007, Sekjen HKBP Pdt. WTP Simarmata, MA beserta ibu dan staf menghadiri perayaan Natal Bibelvrouw Pensiun dan bibelvrouw yang aktif yang melayani di Distrik V Sumatera Timur. Perayaan Natal ini dilangsungkan di Perkampungan Bibelvrouw Eben Ezer, Sinaksak, Pematangsiantar. Hadir juga dalam acara tersebut Pdt. Dr. Plasthon Simanjuntak (Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur), Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing (Ketua STT HKBP), beberapa orang pendeta yang melayani di Distrik V Sumatera timur dan 2 orang pendeta pensiun (Pdt. Ch.T Napitupulu dan Pdt. S.P Sihombing).

Acara natal bersama ini merupakan ide dari Pdt. WTP Simarmata,. MA dan para pimpinan/ pengurus Eben Ezer (Biv. Siti Lamroma Nainggolan) yang pada awalnya merencanakan Natal bersama hanya dengan para bibelvrouw yang telah pensiun. Ide ini muncul ketika Sekjen HKBP berkunjung ke perkampungan Eben Ezer ( bulan September dan Oktober 2007 ) untuk melihat situasi dan kondisi para bibelvrouw yang telah pensiun. Ada 12 orang bibelvrouw pensiun yang tinggal di perkampungan eben ezer tersebut, dua orang diantaranya tidak dapat duduk dan berdiri lagi sehingga hanya berbaring di tempat tidurnya, sementara beberapa orang harus menggunakan alat bantu (tongkat) untuk dapat berjalan. Setelah mengunjungi para bibelvrouw pensiun di kamarnya masing-masing, Pdt. WTP Simarmata, MA dan inang mengajak mereka untuk berkumpul di pekarangan Eben Ezer yang rindang dan sejuk untuk berbincang-bincang/ beramah tamah. Dalam ramah tamah inilah muncul ide untuk marayakan Natal bersama.

Pada awalnya perayaan natal ini direncanakan hanya diikuti oleh Pdt. WTP Simarmata dan para bibelvrouw pensiun. Rencana awalnya hanya ingin membuat suatu perayaan Natal sederhana atau “kecil“. Namun ide ini kemudian berkembang sehingga turut juga mengundang para bibelvrouw aktif yang melayani di Distrik V, Bapak Praeses HKBP Distrik V, beberapa pendeta, diakones dan tamu lainnya untuk diikutsertakan dalam perayaan tersebut.

Pada perayaan Natal bersama ini, pelayanan Firman dilayani oleh Pdt. Martha Hutahaean dan pelayanan Perjamuan Kudus dilayani oleh Pdt. Sondang Napitupulu. Dalam khotbahnya yang diambil dari 1 Yoh 4:19 (sekaligus sebagai thema perayaan natal ini), Pdt. Martha mengatakan bahwa orang percaya harus senantiasa memupuk rasa saling mengasihi dan memahami perasaan orang lain, karena hanya dengan demikianlah maka kita dapat saling memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Kita harus mengasihi sesama karena Allah telah lebih dahulu mengasihi kita, kita telah lebih dahulu merasakan kasih dan kebaikan Tuhan atas hidup kita. Dengan adanya kasih, kita dimungkinkan untuk bisa sehati, sepikiran dan seperasaan. Pada akhir khotbahnya, Pdt Martha Hutahaean mangatakan bahwa Tuhan akan senantiasa menguatkan kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik, melayani dan mengasihi sesama. Ini telah terbukti dalam kehidupan para bibelvrouw yang telah menyerahkan sebagian besar waktu/ hidupnya untuk melayani di gerejaNya.

Acara ibadah bersama dilanjutkan dengan Perjamuan Kudus yang dilayani oleh Pdt. Sondang Napitupulu. Kemudian setelah selesai ibadah, acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan yang disampaikan oleh Biv. Roslinda Sihombing (Ketua panitia Natal), Biv br. Siregar (mewakili bibelvrouw pensiun), Biv. Siti Lamroma Nainggolan (Pimpinan Eben Ezer), Pdt. Dr. Plasthon Simanjuntak (Praeses HKBP Dist. V Sumatera Timur) dan terakhir oleh Pdt. WTP Simarmata, MA (Sekjen HKBP)

0 komentar: