Selasa, 15 April 2008

Pesta Pembangunan HKBP Ebenezer

Sekjen HKBP, Pdt. WTP Simarmata, MA
dalam Pesta Pembangunan HKBP Ebenezer dan Seminar
Distrik XXVI Labuhan Batu


Pada tanggal 13 April 2008, Sekjen HKBP Pdt. WTP Simarmata, MA memimpin ibadah dan memeriahkan Pesta Pembangunan di Gereja HKBP Ressort Ebenezer Distrik XXVI Labuhan Batu. Jemaat yang telah menantikan kehadiran Sekjen HKBP menyambut dengan hangatnya. Gereja yang masih sederhana itu dipadati oleh 300 orang pada saat mendengarkan khotbah Sekjen HKBP. Sukacita meliputi ibadah sebab yang melayani mimbar adalah para pendeta dimana liturgis dibawakan oleh Praeses Labuhan Batu Pdt. STP Siahaan, pembacaan tingting dibawakan oleh Pendeta Ressort Ebenezer Pdt. T. Limbong dan yang berkhotbah adalah Sekjen HKBP Pdt. WTP Simarmata.

Firman Tuhan mengajak setiap jemaat untuk tetap bersukacita di dalam segala situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Zefanya 3: 14-20 merupakan janji Tuhan yang menjamin kesejahteraan bagi umatNya pada masa penderitaan. Jemaat disadarkan agar lebih mempercayai janji-janji Tuhan dalam firmanNya. FirmanNya tidak pernah berubah, apapun yang difirmankanNya pasti terjadi. Oleh karena itu, firman Tuhan menyapa setiap umatNya disegala masa baik masa lalu, masa kini maupun masa depan untuk menikmati janjiNya.

Partisipasi jemaat dalam kesuksesan Pesta Pembangunan Gereja HKBP Ebenezer sangatlah besar sebab semua aktif untuk ambil bagian dalam pekerjaan baik dalam melayani domestik, penginapan para tamu maupun menyumbangkan dana. Pesta ini dihadiri bukan saja jemaat lokal namun jemaat gereja tetanggapun ikut ambil bagian di dalamnya seperti HKI, GKPI, Pentakosta dll. Di tengah-tengah acara ini juga diadakan pelantikan pengurus harian PGI Daerah Labuhan Batu yang dilantik secara langsung oleh Ketua PGI Wilayah SUMUT Pdt. WTP Simarmata, MA.

Kebersamaan jemaat dengan Sekjen HKBP bukan saja berhenti pada kegiatan formal gerejawi namun dilanjutkan dengan sharing, berbagi pengalaman, masalah dan kendala yang dihadapi mereka selama ini melalui media seminar yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2008 di HKBP Ebenezer. Sekjen HKBP menyatakan bahwa tantangan pelayanan dipengaruhi oleh Sikap konservatif gereja, gereja sibuk memperkuat diri sebagai lembaga dan pengaruh globalisasi. Oleh karena itu, sikap yang inklusif sangat menentukan dalam gerak langkah gereja di masa depan serta media-media globalisasi harus dikuasai oleh semua pelayan.

Di saat kehadiran Sekjen HKBP inilah merupakan kesempatan besar jemaat untuk minta didoakan dalam menghadapi pergumulan mereka. Doa tersebut dilakukan secara bersama-sama bahkan ada yang didoakan secara pribadi. Salah satu jemaat HKBP Ebenezer mengaku bahwa semua jemaat dipuaskan oleh lawatan Tuhan melalui kehadiran Pdt. WTP Simarmata, MA. Pendeta yang kharismatis seperti inilah yang dinantikan oleh jemaat di HKBP. Banyak hal telah diterima oleh jemaat HKBP Ebenezer dengan kehadiran Sekjen HKBP bahkan diakhir pertemuan tersebut Sekjen HKBP membagikan banyak buku untuk menambah wawasan pelayan dan jemaat dalam melihat peluang untuk transformasi jaman.

MP

0 komentar: